Minggu, 21 November 2010

Narkoba dan Remaja

saynotodrugs Tanpa menyadari ancaman bahaya narkoba bagi remaja, tak sedikit remaja yang menganggap narkoba ini sebagai obat ajaib yang dapat secara cepat meningkat rasa percaya diri, melangsingkan tubuh, meningkatkan konsentrasi, dan sebagainya.

Bahaya narkoba bagi remaja sungguh tak main-main. Ribuan remaja mati konyol akibat narkoba. Ada yang karena OD (over dosis) atau karena tindak kekerasan sehubungan dengan narkoba. Selain jumlah yang mati sia-sia ini, masih ribuan remaja lagi yang harus menanggung penyakit berbahaya yang timbul akibat pemakaian narkoba atau mendekam di balik terali besi.

Semua remaja mempunyai risiko terbujuk narkoba. Tak hanya remaja dari keluarga berantakan atau broken home yang menjadi korban narkoba. Narkoba tak pandang status atau golongan. Remaja dari keluarga berantakan atau keluarga harmonis, remaja dari keluarga kaya atau miskin, remaja putra atau putri, remaja dengan kemampuan akademis pas-pasan atau cemerlang. Semua bisa menjadi korban narkoba. Sungguh mengerikan.

Bahaya Narkoba

Seperti pada pengguna lainnya, bahaya narkoba bagi remaja tak hanya pada kesehatan fisik, namun juga berdampak pada kesehatan mental.

Secara fisik, penggunaan narkoba secara terus-menerus dapat menimbulkan:

1. Gangguan pencernaan

2. Kerusakan pada fungsi syaraf otak, jantung, dan paru-paru

3. Memicu timbulnya penyakit kanker.

4. Tertular penyakit mematikan seperti HIV/AIDS.

Narkoba juga mempengaruhi kesehatan mental penggunanya. Para pengguna narkoba ini umumnya mengalami:

1. Gangguan kejiwaan.

2. Keinginan untuk bunuh diri.

3. Halusinasi. Mereka merasa melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada.

4. Depresi. Narkoba akan menekan sistem syaraf pusat dan mengurangi aktivitas fungsional tubuh.

5. Kecanduan.

Ada satu lagi bahaya narkoba bagi remaja yang tak kalah merugikan, yaitu bahaya sosial. Secara sosial, remaja pengguna narkoba ini akan:

1. Menyusahkan keluarga. Selain membuat keluarga merasa malu, juga membuat keluarga juga harus mengeluarkan banyak uang untuk melakukan rehabilitasi.

2. Dikucilkan oleh masyarakat karena dianggap bukan orang baik-baik.

3. Tidak dipercayai orang karena biasanya pecandu narkoba sering melakukan tindak kriminal.

4. Terancam drop out (DO) dari sekolah atau kampus. Masa depan pun menjadi suram.

Dengan begitu banyaknya bahaya narkoba bagi remaja, kewaspadaan terhadap peredaran obat terlarang ini harus selalu ditingkatkan. “Kenikmatan” sesaat karena menggunakan narkoba sungguh tak sebanding dengan bahaya yang ditimbulkannya.

Yang terbaik adalah selalu berkata:

Tidak untuk narkoba

Say no to drugs’

 

Sumber:www.AnneAhira.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar